29.9.09

MENYUSURI TEPI BARAT PULAU JAWA;UJUNG KULON 1(KEBERANGKATAN KAMI)

Setelah mendapatkan banyak pertimbangan akhirnya aku memutuskan bergabung dalam trip,  Ujung Kulon+ 3 lebaran. Trip ini terdiri dari 14 orang yang tergabung dalam komunitas Backpacker Indonesia. hm...senang bertemu kalian semua...

Ternyata apa yang aku lakukan ini, membuat banyak kepala menggeleng dan berguman tentang kegilaanku. Beralasan sih..aku pun kembali mengakui kegilaanku dalam perjalanan ini. tapi lagi-lagi perjalananlah yang membuat hidupku semakin berarti ho...lebay ah...

Trip ini rencananya di mulai pukul 19.00 wib, tanggal 24 September 2009. Tapi karena kebaikan mereka semua, trip ini di tunda sampai pukul 23.00 wib. penundaan itu penyebabnya adalah aku. Maklum pada jam 19.00 aku baru take off dari padang menuju jakarta, biasa lah habis mudik. Setelah landing di cengkareng aku langsung menuju star point di Slipi, di rumah si Israr ,kepala rombongan kami.
Posisi taman nasional ujung kulon

Dengan ELF yang kami sewa, tepat pukul 23.00 trip ini di mulai. rute yang kami tempuh adalah slipi-serang-pandeglang-labuan-sumur-taman jaya. Malangnya kami, ternyata pak sopir itu tak tau rute dan medan jalan. sehingga mobil yang kami tumpangi tidak compatible dengan medan perjalanan kami. Karena ketidak tauan sang sopir kami sering kesasar, dan kadang kesasarnya lumayan jauh. Maklum malam hari tidak ada tempat bertanya, dan diantara kami yang tau jalan pun kadang tak kuat menahan kantuknya...beruntung salah satu dari kami membawa peta mudik yang dikeluarkan salah satu provider telekomunikasi indonesia. lumayan membantu. belum lagi banyak tanjakan, dan mobil si bapak tak sanggup melaluinya, akibatnya adalah terpaksa kami harus turun dan mendorongnya bersama. dan  yang paling parah adalah  kesasarnya kami ke pulau umang ho....

Perjalanan dari labuan-sumur-taman jaya adalah perjalanan ajip-ajip ho....karena dalam perjalanan ini kepala, tubuh dan pantat tak pernah berdiam manis. akan selalu di goyang oleh medan jalan. Finally. si sopir menyerah...awalnya kami menyewa elf pulang pergi, karena medannya berat, akhirnya si sopir memutuskan untuk tidak menjemput kami. " bapak sudah tidak sanggup lagi Rar", dengan wajah tanpa ekspresi kata-kata itu keluar dari bapak sopir. kutipan kata-kata itu akhirnya menjadi kata-kata tren dalam perjalanan kami selanjutnya.

Terima kasih ya pak sopi...huaha...huaha..

Pukul 7 pagi, akhirnya kami sampailah di rumah pak komarudin. Pak komaruddin ini adalah salah satu penduduk setempat yang bisa kami hubungi untuk menyewa perahu motor untuk ekslpore ujung kulon, termasuk mencarikan guide untuk perjalanan kami. Penginapan pak komar ini lah menjadi start point kami untuk mengeksplore taman nasional Ujung Kulon (UK)
Rumah pak komaruddin; ready menikmati alam UK