20.4.11

Galunggung, Icon Kebanggaan Tasikmalaya

Gunung Galunggung sempat mengegerkan dunia. Letusan terakhir terjadi pada tahun 1982 disertai suara dentuman, pijaran api, dan kilatan halilintar. Kegiatan letusan berlangsung selama 9 bulan dan berakhir pada awal tahun 1983. Letusan ini telah menyebabkan kerugian harta dan nyawa manusia. tak hanya itu letusan gunung ini pun nyebabkan berubahnya peta wilayah pada radius sekitar 20 km dari kawah Galunggung. 
Kabut galungung nan indah

Namun kini gunung yang berjarak 17 Km dari kota Tasikmalaya ini menjadi salah satu kekayana wisata  Tasikmalaya. Setiap akhir pekan gunung ini banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar dan masyarakat ibu kota.Akomodasi menuju gunung ini tidaklah susah. Transportasi umum pun tersedia dengan jumlah yang lumayan banyak. 

Udara dingin langsung terasa ketika pertama kali menginjakkan kaki di gerbang taman wisata ini. untuk menuju Kawah Gunung Galunggung dari gerbang ini kita harus menanjak lagi. tapi tenang ojek pun tersedia cukup banyak untuk mengantarkan pengunjung sampai  ke tangga menuju kawah galunggung.  Yaps untuk mencapai puncak galunggung kita harus menapaki 620 anak tangga. eits hati-hati dengan lutut anda..jika tidak siap jangan lanjutkan...he..he..
620 anak tangga .....

Perjuangan melewati  620 anak tangga akan terbayarkan dengan hijaunya tebing dan hijaunya danau galunggung. sampai di puncak udara pun semakin mencekam. Ketenangan dan kedamaian amat terasa disini.  hembusan napas panjang mungkin mampu melepaskan stress dan kepenatan dari ruitinitas . Kebanyakan yang berkunjung ke gunung galunggung ini memilih untuk menikmati malam dengan bertenda di pinggir danau. dan untuk menuju danau kita pun harus turun kira-kira 30 menit perjalanan. 
Danau Gunung Galunggung
 
 Hijaunya seperti agar-agar

Danau galunggung ini konon katanya sedikit agak misterius. karena tidak ada yang tau  berapa kedalamannya. setiap ada yang coba berenang di danau  ini konon katanya hanya  tinggal nama.  Keindahan riak danau yang airnya hijau ini sungguh mempesona. ASpalagi jika rintikan hujan turun. riaknya semakin indah dengan gradasi yang luar biasa. Kebersamaan di pinggir danau ini pun semakin terasa dengan menikmati  sejumput pisang goreng dan kopi hangat...he..
 sunrisenya pun indah

 di sinilah kebersamaan kami

Lagi terucap terima kasih buat teman perjalanan, Share Traveler. bersamamu duni ini terasa indah guys..

2 komentar: