16.6.11

PENGUKUHAN PROFESOR RISET

Profesor riset wow..wow... inilah puncak karier fungsional seorang peneliti.  Inilah yang menjadi impian dan cita-cita banyak peneliti. Tentu juga dengan saya. Dan tak tanggung-tanggung sebelum usia 40 tahun saya sudah  memimpikannya ia sudah di tangan saya..amin.  Alhamdulilah sampai saat ini saya telah diberi kesempatan 2 kali untuk menghadiri pengukuhan profesor. Yang pertama akhir tahun 2010 yang lalu dimana pada saat itu ada 3 orang peneliti kementrian pertanian yang di kukuhkan dan pada awal April lalu, salah satu peneliti dari balaiku pun dikukuhkan, yaitu bapak Dr. Istiqlal Amin. Ia lah guru yang setia mengajarkan banyak hal padaku. Sering kali tanpa sengaja kami terlibat dalam diskusi-diskusi panjang. Pengalamannya yang luar biasa banyak, sempat  bekerja menjadi konsultan pada banyak lembaga international sungguh membuka cakrawala berfikir. Beliau juga sempat menikmati pendidikan di tiga benua. Itu jualah yang beliau sarankan pada saya. Sarjana Asia, Pasca Sarjana Eropa,Phd Amerika dan sempat  grant research di australia.
pengukuhan Prof. Istiqlal oleh kepala LIPI
 Pada pengukuhan profesor riset seorang peneliti akan menyampaikan orasi ilmiahnya yang merupakan benang merah atau inti sari dari berbagai penelitian yang telah ia laksanakan selama ini. Naskah orasi ilmiahnya tentu telah melewati proses editing dan seleksi dari panitia yang dibentuk untuk pengukuhanya dibawah koordinasi LIPI.  Pada proses pengukuhannya  panitia ini dibawah pimpinan kepala LIPI indonesia memimping jalannya sidang pengukuhan. Di badang Litbang pertaniann disamping  panitia , sidang juga diikuti oleh seluruh profesor riset yang dimilikinya. Saat ini indonesi memiliki 300 orangan profesor riset dan 1/3 diantaranya ada dikementrian pertanian. Sebelum orasi ilmiah di sampaikan tentu melewati serangkaian seremonial yang hampir mirip proses pembukaan sidang terbuka wisuda waktu S1 dulu menurutku.


orasi ilmiah Prof. Istiqlal Amien
 Orasi disampakan dalam waktu kurang lebih 20 menit. Sebelum itu akan dibacakan riwayat hidup lengkap peneliti, mulai dari data pribadi sampai  hasil karya yang telah dihasilkan. Tidak ada pertanyaan dalam orasi ilmiah ini. Setelah orasi selesai maka dilakukan pemakaian topi pengukuhan. Lalu biasanya acara akan dilengkapi dengan kata sambutan menteri pertanian atau kepala litbang pertanian. Terakhir tentu ucapan selamat kepada para profesor yang baru dikukuhkan.
Bapak istiqlal dan keluarga

 Selamat untuk guru saya Bapak Prof. Dr. Istiqlal Amin yang telah dikukuhkan menjadi prof Riset. Semoga karya-karya bapak mampu merubah peradaban ini. Doakan kami segera menyusul dan jangan bosan ya pak mengajarkan banyak hal kepada kami


di pengukuhan profesor riset..insyaallah segera menyusul:p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar