15.3.10

VIDEO MAPPING: AKSI PERTAMA TRANSFORMASI KOTA TUA MENJADI PUSAT INDUSTRI KREATIF

Sabtu (13/3/2010) ada pemandangan berbeda di taman Fatahillah(depan Museum Fatahillah kota Tua Jakarta). Tumpah ruah penduduk Jakarta dan sekitarnya memenuhi halaman itu (termasuk aku he..he.. ) baik muda, tua bahkan bocah-bocah. Tiga buah panggung pun berdiri di situ. tapi sesungguhnya bukan panggung itu yang menjadi perhatian pengunjung.
 Sibocah yang begitu khusuknya menyaksikan pertunjukkan malam itu

Pertunjukan seni video mapping 3D itulah yang menjadi perhatian pengunjung, ini adalah pertunjukkan video maping pertama  di Indonesia hasil kolaborasi seniman multimedia asal Inggris D-Fuse dengan sineas muda Sakti Parantean dan Adi Panuntun, fotografer Feri Latief, dan penulis TaqarrablePertunjukan tersebut difasilitasi oleh British Council Indonesia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan Kamar Dagang Indonesia. Sebelum pertunjukkan video mapping acara dimeriahkan oleh pertunjukkan marching Band Bank Mandiri. Pun acara ini dihadiri oleh orang nomor satu DKI Jakarta, Pak Fauzi Wibowo.
salah satu tampilan video Mapping 3D

Sebagai info katanya Pertunjukan  video mapping 3D, pertama kali digelar di Eropa 3 tahun yang lalu. Video mapping 3D, yakni suatu pertunjukan gambar bergerak, fotografi, dan desain komputer yang digabungkan menggunakan perangkat lunak dan keras lalu diproyeksikan ke gedung (Museum Fatahillah) untuk menciptakan imaji yang mengecoh mata.
 
Tampilan lain video mapping 3D. 


Imajinasi yang ditampilkan sungguh menghipnotis penonton yang seolah terlempar ke masa lampau. Museum Fatahillah yang telah berusia 300 tahun itu seolah roboh, menghilang, dan berganti dengan hutan rawa yang dulu menguasai kawasan tersebut sebelum akhirnya VOC dan Jan Pieterzoon Coen menjadikan kawasan Kota Tua sebagai pusat pemerintahan kolonial Hindia-Belanda.
Atraksi tersebut menjadi karya kreatif yang meramu ruang publik kota, lebur bersama elemen-elemen seni pertunjukan visual. Ruang publik dan unsur-unsurnya, seperti gedung tua, menjadi layar, panggung, dan ruang eksperimen baru bagi generasi kreatif.

Pertunjukan itu menjadi salah satu wujud ambisi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menjadikan kawasan Kota Tua sebagai pusat industri kreatif yang menjadi bagian dari program revitalisasi Kota Tua.
 Pemerintah provinsi DKI merencanakan setiap akhir pekan akan mnyelenggarakan acara kreatif di kawasan Kota Tua.
Siapkah anda menjadi kreator-kreator berikutnya????????
Koleksi foto pertunjukkan malam itu bisa dilihat di album foto berikut:http://ysvina.multiply.com/photos/album/12/suatu_malam_di_kota_tua_Transformasi_kota_Tua_menjadi_ruang_kreatif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar