15.7.11

Menapaki keindahan belitung 4: Menyusuri Cerita Laskar Pelangi di Belitung Timur


Setelah puas mengekplore keindahan pantai belitung di pesisir barat, perjalanan di hari ketiga di Belitung kami lanjutkan menuju belitung timur tepatnya ke daerah manggar.  Bagi anda yang pernah menonton film laskar pelangi tentu tak asing dengan nama daerah yang satu ini. Ya inilah kota kecil dimana Andrea Hirata dilahirkan dan dibesarkan. Jujur alam  belitung timur ini tak seindah belitung di pesisir barat. Tapi memangkedatangan kami ke belitung timur tidak untuk mengekplore alamnya tapi ingin menyusuri jejak film laskar pelangi. Sebagian besar diantara kami memang ke Belitung banyak terinspirasi oleh film ini.

Dari Tanjung Pandan, Manggar kami tempuh selama lebih kurang 3 jam. Tempat pertama yang kami kunjungan tentu adalah sekolah dasar Muhammadiayah gantong. Karena inilah latar  fillm laskar Pelangi. Ternyata di Manggar ada dua sekolah SD ini. Versi asli dan versi  duplikasi yang memang di buat khusus oleh Pemda setempat untuk kunjungan wisata. Karena penasaran kami pun mengunjungi ke dua versi ini. sempat masuk ke dalam kelas dan pura-pura belajar di sini..he.he.. tentu berharap  semangat -semangat anak-anak laskar pelangi menular pada kami. 
New Laskar Pelangi
Original Version
Duplikat SD Muhammadiyah
Perjalanan dilanjutkan menuju ke pertokoan lama yang kondisinya masih asli. sayang pada hari itu toko ini tutup. ya sudah lah  kami pun berfoto saja di sana. Yah inilah toko si alin. di dalam film laskar pelangi.  di Toko inilah mahar membeli kapur tulis  awal dari kisah cintanya pada alin. Cinta memang aneh ya, jatuh cinta bisa hanya dari tangan dan jemari.he..he..
Toko Bapak e Alin
SMU nasional Manggar adalah tempat selanjutnya yang kami pijaki. SMU ini memang tidak ada dalam film laskar pelangi, tapi sekolah ini muncul dalam film sang pemimpi. Sekolahnya masih di rawat untuh dan memang masih di pakai untuk kegiatan belajar mengajar.  Setelah puas jingkrak foto-foto, kami kemudian di ajak ke pabrik timah tempat dimana sang ayah bekerja..he..he...Bangunannya sudah sangat tua..Konon masih di pakai untuk produksi tapi tidak semuanya. karena sudah banyak yang rusak dan tak berfungsi.
Pabrik Timah
Sebelum kembali ke Tanjung Pandang kami sempat mampir ke rumah bu Muslimah yang asli. berharap bisa bertemu dan bercerita dengan si ibuk. Tapi sayang pada hari itu kami tidak bisa menemui beliau karena beliau sedang ke Jakarta. Dan kami hanya bertemu dengan anaknya. oh ya di manggar juga ada  dibangung pasar rakyat laskar pelangi. Tempat ini dulu di bangun sebagai tempat penyelenggaraan  festival laskar pelangi pada tahun 2010.
Tempat merenung seperti di cover novel Laskar Pelangi
Pasar Rakyat Laskar Pelangi
Senang juga berwisata menelusuri jejak para laskar pelangi ini...dan setiap kami pun mencoba merangkai mimpi-mimpi kami di sini. kembali menyusun semangat di sini. he..he...Disamping itu kami pun masih sempat singgah di beberapa tempat yang memang tak ada hubungannya dengan film laskar pelangi. Pantai Burung Mandi ini adalah salah satu pantaii di Belitung Timur. Di Pantai ini banyak burung.  Tapi sayang kami tidak menemuinya karena kami datang siang hari bolong yang terik. Pantai ini memang tak seindah pantai di pesisir barat Belitung tapi lumayan lah. sekedar melepas lelah karena perjalanan panjang  Tanjung pandan-Manggar. Kami pun sempat singgah di sebuah klenteng di Belitung Timur. Usianya klenteng ini sudah sangat tua. dan pemerintahan belitung timur sudah memasukkan klenteng ini dalam salah destinasi wisatanya.
Di klenteng
Pantai Burung Mandi
Perjalanan luar biasa 
benar-benar mendapatkan semangat yang luar biasa..
Kembali merangkai mimpi di negeri Laskar Pelangi
Manggar-Februari 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar