15.7.11

Menapi Keindahan Belitung 3: Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas  wajib anda kunjungi jika ke Belitung. Pulau kecil ini menyimpan banyak keindahan tak hanya alamnya tapi  juga menyimpang sejarah dunia pernavigasian indonesia. Dari pulau kecil ini kita bisa menikmati sunset dan sunrise yang so pasti dilihat dari dua sisi yang berbeda. Hamparan Batuan dan pasirnya yang ciamik pun tak kalah dengan pulau-pulau lain. Dan yang membuat sempurna, di pulau ini terdapat sebuah mercusuar 18 lantai yang usianya ratusan tahun. Dari ketinggian 18 lantai ini kita bisa memangdang lautan lepas nan biru yang dihiasi oleh batuan-batuan granit yang memang menjadi ciri khas pantai-pantai di belitung. Beruntung saat kedatang di Pulau ini kami bertemu dengan beberapa anak  laskar pelangi lagi .Mereka memang sedang mengadakan acara di sana.
kembali bertemu para laskar pelangi
Pulau lengkuas dari kejauhan
Di sinilah kami meghabiskan malam. karena disini memang tidak ada penginapan maka kami memang memilih untuk menenda di pulau ini. di pulau ini ada beberapa orang petugas penjaga mercusuar. Banyak hal yang dapat dilakukan di pulau ini. Memancing so pasti. Beruntung bapak  kapal kami baik sekali. Dengan senang hati bersama anaknya beliau kembali melaut mencarikan ikan untuk kami..dan  tentu kembali dengan membawa ikan yang lumayan banyak. akhirnya kami pun bakar-bakar ikan di sore itu. Setelah perut kenyang, ngantuk pun mendera. Luar biasa nikmaknya ketika tidur dipinggir pantai dengan angin sepoi-sepoi.hm...hm....

Tentang mercusuar
share traveler in lengkuas island
Inilah mahkota dari pulau lengkuas. Bangunan ini konon katanya di bangun pada tahun 1882. Saya tidak mendapatkan dengan pasti berapa ketinggian mercusuar ini. setiap pengunjung yang datang bisa dengan bebas naik menuju puncak mercusuar.Memang agak berat menapaki anak tangga demi anak tangga tapi percayalah kalori dan energi yang dikeluarkan terbayarkan dengan indahnya memandang dari ketinggian 18 lantai. Mata anda bisa menikmati keindahan dari segala penjuru. Angin nan sepoipun menghembuskan kekuatannya pada tubuh. Luar biasa...kadang terlalu susah untuk menceritakan bagaimana keindahan alam hanya dengan kata-kata. 
mercusuar 18 lantai
dari puncak tertinggi mercusuar

batuan dari ketinggina 18 lantai
Tak jauh dari pulau lengkuas ini ada pulau kecil yang bisa diseberangi dari pulau lengkuas. pada pagi hari kedalamannya sekitar sedada saya. tapi kalo sore karena sudah pasang airnya akan tinggi dan susah untuk di seberangi. dari pulau ini kita bisa menyaksikan pulau lengkuas dan mercusuarnya. sensasi keindahan yang berbeda yang harus dinikmati.
pulau di seberang lengkuas
Pagi hari disini, banyak sekali para keturunan tionghoa yang beribadah. mereka berdoa dan menghadap ke arah matahari. yaps suku tioghoa adalah salah satu suku besar  di belitung. Sunrisenya pun tak kalah indah dengan sunsetnya...
sunrise di belitung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar