29.4.09

sedikit cerita tentang VISA


lagi sedang ingin berbagi buat teman-teman yang mungkin saja butuh info tentang ini. semoga sedikit pengetahuan ini bermanfaat bagi kita semua. apalagi buat all Indonesia Backpacker yang mungkin akan menaklukkan dunia. semoga some time aku juga bisa melakukanya..he....

pasti udah pada tau kan apa itu visa? yah semacam surat izin atau dokumen resmi yang dikeluarkan oleh suatu negara untuk masuk kenegaranya. Pengajuan suatu visa bukan berarti mutlak atau jaminan anda bisa langsung masuk ke negara tersebut tapi akan diproses dulu oleh pihak imigrasi atau kedutaan negara yang bersangkutan.

pengajuan visa bisa dilakukan sendiri atau menggunakan jasa biro travel. JIka menggunakan biro travel untuk negara-negara tertentu anda hanya cukup memberikan paspor dan mengisi formulir yang telah disediakan. Tapi ada negara-negara tertentu yang mewajibkan anda untuk mendatangi kedutaannya. Bahkan ada juga yang bisa dilakukan online dan berkasnya dikirim via pos.

Jenis-jenis VIsa
1.
Visa untuk kunjungan sementara dengan tujuan keluarga
2.Visa untuk kunjungan sementara dengan tujuan wisata dan melancong
3.Visa untuk tujuan sementara untuk tujuan bisnis
4.Visa untuk pekerjaan rumah tangga
5.Visa untuk transit
6.Visa untuk pelajar dan pertukaran pelajar
7.Visa untuk kerja
8.Visa untuk tunangan.

Dokumen untuk pengurusan visa
Dokumen untuk mengusrus visa berbeda-beda, tergantung permintaan pihak kedutaanya, tapi pada umumnya dokumen yang diperlukan adalah:
1.Paspor masa berlaku lebih dari 6 bulan dari tanggal kedatangan
2.pasphoto
3.Surat sponsor
4. Bukti keungan tiga bulan terakhir
5. Duplikasi kartu kleuraga
6.Mnegisi formulir yang tela disediakan
7.Bukti tiket
dlll

Visa Transit
v
isa transit adalah visa yang diberikan kepada seseorang jika orang tersebut hanya singgah dari perjalanan udara untuk sementara waktu, biasanya tidak lebih dari 24 jam atau tergnatung neganranya.

tips untuk mengajukan vis atransit adaalh untuk selalu menyediakan beberapa dokumen sebagai contoh tiket pesawat lanjutan dan kembali. untuk jaga-jaga jika sewaktu-waktu anda dimintai keterangan alasan anda meminta atau mengajukan visa transit.
Tebal
Visa Schengen
visa
schengen adalah jenis visa un tuk kunjungan singkat kebebrapa negara eropa anggota Schengen.

Visa On Arrival
adalah
visa izin masuk seseorang ke suatu negara ynag bisa diperoleh di perbatsan antar negara. Pada umumnya pengajuan visa ini pengurusannnya mudah, tidak memerlukan dokumen khusus. biasanya izin yang diberikana dalah izin wiasata dan budaya dengan durasi waktu yang singkat


4 komentar:

  1. ehmm...
    ngebahas soal visa udah siap-siap mau ke Netherland ya mbak..
    heee

    BalasHapus
  2. amin...rencanaya tahun ini mo ke Netherland tapi cuma buat short course dua minggu.belum buat sekolah. semoga 2010 dah sekolah disana.

    BalasHapus
  3. mohon informasi pengurusan paspor visa pertukaran pelajar

    BalasHapus
  4. untuk pengurusan visa bisa langsung datang ke kedubes negara yang bersangkutan, membawa semua pesrsayaratn di atas serta bukti bahwa kamu adalah salah satu peserta pertukaran pelajar. setiap negara prosedurnya berbeda, jadi kalo bisa contack dulu kedubesnya dan tanyakan via phone or mail.

    BalasHapus