Stasiun Meteorologi Kelas 1 Biak adalah salah satu unit kerja BMG yang berkedudukan di Bandara Franskaisiepo Biak. Disinilah aku sempat lebih kurang empat bulan menjalani hari-hari..he...after that kabur.............................
Tulisan ini murni hanya mencurahkan segala kenanganku selama berada di Stamet Biak. And berbagi cerita tentang sebuah realita di negeri paling timur di Indonesia. Ternyata disini aku benar-benar bisa merasakan differensiasi pembangunan di negeri kita ini. Dunia barat dan dunia timur. Sungguh negeri timur ini butuh tangan-tangan yang rela memberikan sumbangsih dan kerjanya untuk pembangunannya. tetapi ternyata itu bukan aku....he... (jadi kayak lirik lagi he...)Kantor Stamet Biak tebagi dalam 2 lokasi, operasional sinoptik berada dilingkungan bandara, menempati gedung angkasa pura. sedangkan kegiatan lain seperti operasional forecaster, aerologi, teknisi, tata usaha dan ruang kasmet terpusat pada satu area tidak begitu jauh dari bandara. Hal yang unik disini adalah gedungnya kecil-kecil terpisah-pisah. jadi bukan dalam satu kesatuan. Pada foto bawah terlihat bentuk ruangnya yang terpisah.
Jumlah pegawai disini sangat terbatas. untuk ukuran Stamet kelas 1 seharusnya jumlah pegawainya adalah berkisar antara 70 sampai 80 orang. Tapi disini hanya 40 orang. setengahnya ya.? keempat 40 orang ini terbagi dalam beberapa unit kerja yaitu struktural, tata usaha, teknisi, forecaster,aerologi dan observasi sinoptik. untuk tiga unit kerja terakhir adalah unit operasional yang kegiatannya dilaksanakan 24 jam, sehingga berlaku sistem kerja shift. Karena sebagian besar pegawainya terlibat dalam kerja shift, hari kerja biasa kadang kantor ini terasa begitu sepi. Kalo ada kegiatan apel atau upacara, barisan pesertanya hanya satu baris. dan mungkin unik juga kadang jumlah petugas lebih banyak dari pesertanya he......
Observasi Sinoptik
Obeservasi sinoptik adalah kegitan pengamatan udara permukaan. Pengamatan dilakukan pada taman alat dan diruangan sinoptik setiap sejam sekali. dan hasil pengamatan akan dikirim ke ATC angkasa pura untuk penerbangan kemudian dengan sandi tertentu akan dikirim ke BMG via CMSS.belajar sandinya riwet ei.....he. informasi yang dikirim ke ATC akan digunakan untuk penerbangan terutama untuk kegiatan landing and take off pesawat. Data yang paling penting untuk kegiatan ini adalah data tekanan udara. maka untuk kegiatan yang satu ini perlu ketelitian yang luar biasa. Jika terjadi kecelakaan pada saat landing dan take off, obeserver akan diminta pertanggungjawabannya.
Pengamatan evaporasi pada panci kelas A
Pengamatan suhu bola basah dan bola kering
pengamatan lama penyinaran dengan Campbellstock
pengamatan tekanan udara
Alat pengukuran arah dan kecepatan anginPenyandian
pengamatan lama penyinaran dengan Campbellstock
pengamatan tekanan udara
Alat pengukuran arah dan kecepatan anginPenyandian
Forecaster.
inilah inti dari stamet. unit ini dihuni oleh para peramal cuaca lulusan AMG. disamping memberikan informasi ramalan cuaca unit ini juga memberikan flight dokumen untuk penerbangan.
Action di Forecaster Room
peramalan cuaca 2 he....
Aerologi
unit ini adalah unit untuk pengamatan udara atas. Pengamatan udara atas dilakukan dengan melepas balon dan diamati dengan Radio Sonde pada jam-jam yang ditentukan, dan melepas Pibal yang diamati dengan theodolit pada jam-jam yang juga telah ditentukan. untuk pelaksanaan kegiatan aerologi juga dibutuhkn data-data dari sinoptik. hasil pengamatannya akan dikirim via CMSS dan juga digunakan sebagai bahan dasar ramalan oleh para forecaster.
Radar.
di stamet ini juga terdapat radar yang baru dibangun tahun 2007 dan mulai beroperasi tahun 2008. pembangunan radar ini tak tangung2 memakan biaya yang sangat besar. tapi lokasi radar ini jauh dari kantor. radar ini terletak di komplek perumahan pegawai stamet.
mau nanya nih soal CMSS:
BalasHapus1. singkatan dr apa sih?
2. gmn cara kerjanya?
tegkyu
cmss: computer message switching system
BalasHapusbedanya stamet kelas I, II, III apa ya? apa dasar peraturan BMKGnya? Thx.
BalasHapus