2.6.10

CIREMAI: 3078 M SEA SURFACE LEVEL STORY

" Nikmat Tuhan Mana Lagi Yang Kau Dustakan", Hanya kata itu yang terucap dibibirku yang mulai kelu, menyaksikan dan menikmati maha indahnya alam ini diciptakan. Keindahan yang benar-benar tak sanggup diungkapkan dengan rangkain kata. Menikmatinya sungguh mampu mengalirkan energi dan semangat tak terkira. Suasana yang akan selalu kurindu, meracuni hati dan jiwaku.... Suasana yang kubutuhkan ketika kejemuan hidup mulai merasuki...
tim sergap ciremai

Bersyukur kepada pencipta akhirnya bersama timsergap indonesia aku bisa menginjakkan kaki di  puncak  gunung Ciremai, gunung tertinggi di Jawa Barat.  Berada di ketinggian 3078 m dari permukaan laut. hmm......Walau sebelum berangkat sempat ada sedikit keraguan karena beberapa alasan, cuaca,  jalur  dan   info tentang kemistikan gunung ini. But all nothing to lose..i just wanna enjoy the beuty of nature. Kondisi cuaca  beberapa hari sebelum keberangkatan, memang sedang tidak baik dan Jalur yang dipilih oleh tim sergap adalah jalur linggar jati. Bagi pencinta gunung dan pernah berkelana ke banyak gunung-gunung di Indonesia, pasti bisa menyimpulkan bahwa jalur linggar jati ini adalah jalur yang cukup berat . dan yang membuat nyali semakin ciut adalah  info tentang kemistikan gunung ini, dan ternyata sudah menjadi rahasia umum . Terutama pada pos-pos tertentu. Tapi memang  perjalanan kami pun bisa membuktikan kebenaran info ini....Banyak kejadian supranatural. (akan dibahas di tulisan berikutnya)

Pendakian Gunung Ciremai  Jalur Linggarjati melewati beberapa posko. Posko  linggar jati berada di ketinggian 600 dpl, posko cibunar (750 m dpl), pinus (900 mdpl), Leuweng Datar (1000 mdpl),  Kondang Amis (1200 mdpl), kuburan kuda (1450 mdpl), pangalap (1600 mdpl), Tanjakan bimbin (1700 mdpl), tanjakan seruni ( 1800 mdpl), Bapa Tere (2000 mdpl), Batu Lingga (2250 mdpl), sanggabuana1 (2400 mdpl), sanggabuana2 (2250 mdpdl), Pangasinan (2750 mdpl ) dan puncak (3078 mdpl). secara umum jalur linggar jati  terdiri dari 3 bentuk  yaitu jalan dari tanah liat dengan tanjakan tajam,  jalur akar  dan ketiga jalur menanjak dengan batuan tajam serta berdebu.

my team

Rencana awal, kami akan mulai naik dari pos linggarjati jam 5.30 Wib (habis subuh red). Tapi karena alasan klasik perjalanan baru bisa dimulai sekitar jam 8.30 Wib. Memilih waktu habis shubuh dengan alasan tidak terlalu panas dan diharapkan sekitar magrib kami sudah berada di posko pengasingan, posko terakhir sebelum puncak. Pos ini posisinya sudah diluar hutan belantara. dan dari posko ini kita bisa menyaksikan pemandangan kota cirebon, laut jawa dan gunung slamet dengan bebas.  Tapi apa boleh buat karena keterlambatan keberangkatan, akhirnya malam pertama, kami  nikmati di sebuah tempat yang lumayan datar  berada diantara pos pangalap dan papa tere. Kami mencapai tempat ini sekitar pukul 20.00 wib. Membuka tenda, memasak dan menikmati makan malam bersama dan langsung istirahat karena perjalanan akan kami lanjutkan pukul 2 dini hari, berharap bisa menikmati sunrise di puncak ciremai.

Jam 2 Pagi perjalanan kami lanjutkan menuju puncak. Tapi lagi-lagi rencanan kami gagal dan itu artinya gagal menikmati sunrise di puncak. kesempatan berharga yang terlewati. Beruntunglah  team 1 masih bisa menikamti sunrise  di daerah sekitar  sanggabuana 2 dan pengasingan. Pos pengasingan kami capai pada pukul 8.00 pagi. Sampai dipos ini akhirnya kami  segera  memasak, maklum dingin dan nada-nada pun telah bermain di perut kami. Sekita pukul 10.00 pagi, we can reach the summit of ciremai mountain....really..really great adventure...

some of picture  in 30780 m ssl ( the summit of ciremai Mountain)

bendera sergapun berkibar di ceremai