20.8.10

Untung Saya Ngeblog.

"untung saya ngeblog", kata itu terluncur dibibirku dalam sebuah Rapat Tengah Tahun Kelompok peneliti dimana kubernaung. Sore itu di sebuah wisma di daerah Pacet  dalam rapat itu pak Aris tiba-tiba memintaku untuk  mengajarkan materi klimatogram  untuk para teknisi. Wah dulu aku memang sangat memahami materi yang satu ini tapi dalam rentang waktu yang cukup panjang aku tak lagi pernah membuka halaman-halama materi itu pun tak pernah lagi menggunakannya.
 "wes poho pak", celutukku dalam bahasa sunda merespon permintaan pak aris
" masa gitu aja nga bisa", balas pak aris
perkataan pak aris itu ku respon dengan refleks, " okelah pak, saya coba"

Lalu apa yang terjadi? Aku jadi berfikir panjang dengan pernyataan terakhir itu. Kucoba-coba memanggil kembali memori ingatan otakku tentang materi ini tapi ternyata ku tak mampu mengingat banyak hal kecuali pengertiannya dan sedikit keguaannya. suddenly, aku teringat pernah menulis materi ini di blogku . Tanpa pikir panjang aku segera berseluncur ke halaman blog itu. Hasilnya pemahamanku akan materi ini kembali pulih. dan siap untuk mengajarkannya.

Peristiwa sederhana memang... inilah salah satu manfaat yang kurasakn dengan menulis apapun di blog yang kuluncurkan sejak tanggal 14 Februari 2009  lalu. Menulis di blog, bagiku seperti menabung dan menyimpan ilmu yang bisa diakses kemana kupergi (yah selama ada jaringan internetnya). Tuntutan pekerjaan yang sering mobile.."Tua di jalan istilah temanku". Sering ke lapangan, dan kadang di sana, dalam keadaan yang serba terbatas, aku  diminta untuk menulis atau malah mengajar untuk orang lain, seperti kutipan peristiwa di atas. lalu aku kembali bertekad akan terus menulis..

"Untung saya ngeblog", kata itu terucap lagi ketika Ketua Jasa penelitian di Kantorku meminta ku untuk menjadi reporter pada sebuah website.
" wah saya nga bisa pak",
ujarkan merendahkan diri, tapi sisi hati saya yang lain berguman boleh juga tuh,  pengalaman jurnalistik  semasa di SMU diasah kembali.
 " kemaren saya membaca blog kamu, kebetulan kita butuh reporter. dan menurut saya kamu layak, pantas dan bisa untuk itu"
"wah bapak tau  dari mana  blog saya", tanyaku lagi
" ada deh..." , sibapak menimpali.
Dengan pertimbangan ini adalah kesempatan untuk kembali belajar, saya menyambut baik permintaan sang bapak.

2 komentar: