19.3.09

anggrek dan latihan kesabaran


Tanaman Anggrek merupakan salah satu tanaman hias bernilai ekonomi tinggi. Variasi bentuk dan warnanya yang sangat beragam merupakan keunggulan bunga ini. Hal ini telah mendorong terciptanya varietas-varietas baru yang dapat dikembangkan dan dibudidayakan secara baik di Indonesia karena kondisi iklim yang sesuai.


Bagi anda yang merasa memerlukan latihan kesabaran maka cobalah untuk bertanam dan merawat anggrek. Karena kesabaran benar-benar sangat dibutuhkan untuk mendapatkan anggrek yang bagus. Dari segi waktu; anggrek butuh waktu yang agak lama untuk berbunga. Jadi kesabaran anda bersikap dan menunggu benar-benar di uji. Tapi semuanya akan segera terbayar dengan bunganya yang sangat indah dan waktu mekarnya yang lumayan agak lama. Jadi adil…….kan? he…ternyata di dunia ini kita akan medapatkan sesuatu sesuai dengan apa yang kita usahakan...ya nga?

Mengenal Anggrek

Melihat tipe pertumbuhan batangnya, anggrek dapat dikelompokkan menjadi 2 kelompok yaitu anggrek simpodial yaitu anggrek yang mempunyai pertumbuhan batang terbatas seperti: Denrobium, Cattleya, dan oncidium serta anggrek tipe monopodial yaitu anggrek yang mempunyai pertumbuhan batang yang tidak terbatas seperti vandal dan kerabatnya
Berdasarkan habitatnya tanaman anggrek dibagi dalam dua golongan yaitu: epifit dan teresterial. Anggrek epifit adalah anggrek yang hidup menumpang pada batang pohon, atau sejenisnya namun tidak merugikan batang induknya. Anggrek terrestrial adalah anggrek yang hidup dan tumbuh langsung di permukaan tanah dan membutuhkan cahaya matahari langsung.



kondisi agroklimat
Intensitas cahaya yang dibutuhkan tanaman anggrek di dalam pertumbuhan dan perkembangannya sangat berbeda. Tergantung pada jenis, ukuran dan umurnya. Untuk anggrek terrestrial membutuhkan intensitas cahaya matahari 4000-5000 fc sedangkan anggrek epifit membutuhkan cahaya 1500-3000 fc.

Kelembaban
Pada umumnya anggrek membutuhkan kelembaban yag tinggi yaitu berkisar antara 60-80 %. Pada malam hari kelembaban tidak terlalu tinggi karena dapat mengakibatkan busuk akar dan busuk tunas. Kelembaban yang terlalu rendah pada siang hari dapat di atasi dengan pemberian kabut (mist) disekitar tempat pertanaman.
Suhu:
Kebutuhan suhu pada tanaman anggrek sangat bergantung pada jenisnya. Anggrek yang tumbuh di dataran rendah membutuhkan suhu siang berkisar antara 24-33 derajat celcius dan suhu malam 21-27 derjat celcius . sedangkan untuk anggrek yang tumbuh di dataran tinggi membutuhkan suhu siang berkisar antara 18-27 derajat celcius dan suhu malam berkisar anatar 13-18 derajat celcius,




5 komentar:

  1. ass.. mba vin, saya fadli sedang melakukan penelitian jenis anggrek, akan tetapi saya belum mengetahui 2 jenis anggrek yang saya temukan tolong dong bantuan infox hub;http://menelitianggrek.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. ass... mba vin saya bingung ni harus g mana nyelesaiin penelitian saya waktu saya tinggal bulan ini saja tuk nyelesaiin skripsi saya,tinggal genus itu aja yang belum saya tau namanya tolong dong saranya.. mba vin kan peneliti

    BalasHapus
  3. mas fadli kebetulan saya punya teman yang ahli angrek. kalo mau diidentifikasi kirimkan fotonya ke email saya ysvina@yahoo.com atu contac hp saya. semoga beliau bisa meidentifikasi jenis angreknya.

    BalasHapus
  4. keren...msh da ce yg pduli ma tnmn...palagi skrg global warming...mudah2an bnyk yg cnta ma tnmn

    BalasHapus
  5. he...makasih atas kunjungannya. sering2-sering main ke bloggku he...

    BalasHapus