20.5.09

JANGAN TAKUT BERUBAH


"Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu dan orang-orang yang terus belajar akan menjadi pemilik masa depan" itulah kata pertama yang kugarisbawahi dari seorang profesor riset Dr. Kusumo Diwyanto yang disela-sela kesibukannya memberikan pencerahan kepada seluruh fungsional peneliti dan penyuluh di kantorku jumat, 15 Mei 2009 kemaren. Banyak hal yang disampaikan bapak ini, yah semoga apa yang beliau sampaikan bisa menjadi bekal bagi kami, apalagi buatku yang notabene baru bergabung dengan dunia riset dan pengkajian.

Berikut beberapa hal yang kucatat dari apa yang disampaikan sang profesor:

Sebuah motivasi akan lahir dari sebuah persaingan. Apabila tidak ada pesaing dan kompetitor maka biasanya akan sulit untuk membangkitkan motivasi. Maka ciptakanlah suasana bersaing sehat. Berupayalah untuk menjadikan orang lebih baik karena itu akan memotivasi kita untuk menjadi lebih baik. biasanya kita hanya dekat dengan orang yang kita sukai dan seringkali menghindari orang ynag tidak kita sukai, padahal sebenarnya dari orang itulah kita akan mengenal sudut pandanjg ynag baru.

Teruslah berubah. Jangan pernah takut kehilangan karena perubahan. Tugas kita bukan untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba. Karena dalam mencoba itulah kita menentukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil menemukan sesuatu. Kita hidup dizaman berbeda tentu dengan tantangan yang berbeda, maka sekali lagi jangan pernah berhenti untuk berubah...............

Terakhir beliau menyampaikan hati-hati dengan segala kesenangan kita. Karena beberapa kesenangan adalah cara gembira menuju kegagalan. Tanpa kita sadari kadang sebagian kesenangan akan secera perlahan menjebak kita. Maka Hati-hatilah dan terakhir tingkatkanlah tantangan pada diri sendiri.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar