27.5.09

TIPS: TIKET PENERBANGAN MURAH


Ini adalah pengalaman-pengalam yang pernah kualami. Sebagai anak rantau yang memiliki hobi jalan-jalan telah memaksaku berfikir untuk mendapatkan tiket murah. Saatnya menjelajahi dunia bukan lagi mimpi karena ada penerbangan murah.motto para backpackers he… Kadang sedih juga karena rute perjalananku harus disesusaikan dengan jalur promo yang ada bukan mengikuti keinginan hati. Tapi why not..... kalau harus menunggu punya uang untuk jalan-jalan maka mungkin aku takkan pernah jalan. Karena memang tak pernah punya uang cukup he.... sementara gejolak dihatiku untuk berkelena sungguh menggebu. perjalan bagiku adalah bagian terindah dari putaran hidup, maka aku akan terus berjalan selama putaran itu masih ada. Agar kebahagiaan dapatku raih.semoga informasi ini bermanfaat.

1. Tiket promo

Maskapai penerbangan dalam negeri yang sering mengadakan promo adalah Airasia dan Mandala.sedangkan untuk maskapai luar yaitu Tiger air dan Value Air. Bukan berarti yang lain tidak menyadiakannya tapi maskapai tersebutlah yang saya lihat sering mengadakan promo.


Untuk tiket-tiket promo, biasanya diberikan batas waktu pemesanan dan batas waktu keberakatan. Maka sering-seringlah untuk online di beberapa maskapai penerbangan. Karena biasanya jumlahnya terbatas dan waktunya pun terbatas. Disamping sering-sering online anda juga diharapkan sering-sering untuk mengecek harga. Karena harga bisa berubah dalam bilangan detik.


Untuk Airasia penawaran yang paling dinanti adalah tiket gratis. Mungkin ada yang tidak percaya untuk tiket gratis ini. Tapi pengalaman saya sendiri telah membuktikannya. Untuk tket gratis ini kita hannya diharuskan membayar biaya administrasi sebesar lebih kurang Rp70.000. Disamping tiket gratis dalam penerbangan Airasia juga terdapat paket ekonomi promo. Tapi jumlahnya juga terbatas.


Satu hal yang saya pelajari untuk tiket gratis Airasia, jika anda memesan tiket pulang pergi maka biasanya hanya digratiskan satu arah saja. Tapi ada strategi lain yang bisa dilakukan yaitu mencari rute balik yang lain.Misalkan saya pernah mendapatkan tiket gratis dengan rute perjalanan Jakarta-padang-malaysia-yogyakarta dan Jakarta kesemuanya hanya menghabiskan uang Rp.300.000. bayangkan!!!!!.

Maskapai mandala juga menyediakan paket gratis. Tapi biasanyanhanya ditujukan untuk pengguna kartu kredit tertentu.


Tiket-tiket promo ini biasanya ditawarkan pada moment-moment tertentu seperti pada momen ulang tahun maskapai. Disamping itu tiket-tiket promo banyak ditawarkan pada saat penerbangan sepi biasanya sekitar Maret -April atau Oktober- November. Tapi tidak juga bisa jadi patokan. Kadang diluar itupun terdapat promo yang memanfaatkan moment-moment tertentu.

2. Perhatikan Waktu dan Moment

Jika anda punya rencana yang telah pasti, maka cobalah pesan jauh-jauh hari. Pengalaman saya jika memesan jauh-jauh hari biasanya penerbangan yang murah adalah Airasia dan Mandala. Tapi sebelum memutuskannya ada baiknya anda membandingkan harga. Karena kadang harganya malah lebih tinggi dibandingkan penerbangan lain. Seperti pengalaman saya untuk mendapatkan tiket buat lebaran September 2009 ini. Biasany pada saat lebaran harga tiket ke Padang berkisar antara Rp.1.200.000-1.600.000 maka pulang pergi diperkirakan membutuhkan budget 2.400.000-3.200.000. Setelah survey harga saya mendapatkan tiket murah dengan penerbanagn Mandala, hanya dengan harga RP.1.300.000 pulang pergi…coba bayangkan berapa uang yang bisa kita hemat???


Tapi saran saya jika anda memesan tiket bukan paket ekonomi promo atau grtis sebaiknya jangan memesan Airasia. Karena jika batal berangkat tiket tidak bisa diganti atau dicancel , otomomatis langsung hangus. Berbeda dengan penerbangan lain.


Tapi jika anda memesan dalam waktu singkat misalkan sehari atau dua hari sebelum berangkat maka biasany harga yang lebih murah adalah untuk Lion dan Sriwijaya air.


3.Perhatikan route baru

Perhatikan jalur penerbangan baru. Biasanya pada jalur penerbangan baru banyak paket ekonomi promo. Ini pernah saya dapatkan saat penerbangan Airasia membuka jalur baru ke Makasar. Biaya normal untuk ke makasar berkisar natara Rp.600.000-850.000 tapi saya pernah mendapatkan harga Rp.250.000.

  1. Berikut cara-cara untuk pemesanan online

° lihat harga di website

° jika menggunakan kartu kredit bisa langsung melakuakan transaksi dengan hanya memasukkan nomor kartu kredit

° jika menggunakan pembayanran via atm atau pembayaran tunai, setelah melihat jadwal penerbangan maka telpon contacnya. Pastikan lagi jadwal dan harganya. Jika cocok maka langsung pesan.

° Setelah melalukan pemesanan biasanya Customer Servisnya akan menanyakan, tiket akan dibayar via atm apa. Setelah menyebutkan maka anda akan mendapatkan kode booking dan kode bayar.

° Maka lakukan pembayaran di atm. Anda cukup memasukkan kode bayar. Jika kode bayar yang dimasukkan benar maka akan keluar nama pemesan, kode booking dan jadwal penerbangan serta jumlah harga yang harus dibayar.

° Selanjutnya uang akan didebet dari rekening anda sejumlah harga tiket

° Setelah melakukan pembayaran contac lagi maskapainya. Untuk Airasia biasanya ittenerarinya bisa dikirim via email atau anda nanti menukarkan langsung di counter maskapai tersebut dibandara. Untuk mandala biasanya bukti pembayaran bisa ditukar dengan tiket di counternya dan di bandara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar