18.5.09

WORKSHOP PENULISAN; WRITE...WRITE..AND WRITE


Sabtu, 16 Mei 2009 bertempat di Ruang meeting 2, Gedung Gramedia Kompas di jalan Palmerah jak-pus, aku bersama 100 orang peserta lainnya mengikuti workshop penulisan yang diadakan oleh Indosiar dan PT. Elex media Komputindo. Ini adalah workshop kedua yang diadakan oleh penyelenggara tersebut, tentu dengan tema yang berbeda.

Banyak Pencerahan dan tentu ilmu-ilmu baru yang ku dapat. Tidak hanya dari pembicara tapi dari peserta yang sebagian besar adalah penulis-penulis yang telah menerbikan tulisannya. Bahkan ada yang telah menerbitkan 8 buku. Salut buat semuanya. Mereka adalah penulis-penulis hebat tapi terus dan terus mengikuti perbagai workshop dan pelatihan." Tak Pernah berhenti untk balajar dan berkarya", itulah kata-kata mereka. Pun dari panitia kami banyak mendapatkan info tentang berbagai peluang dan kesempatan bagi penulis untuk lebih banyak lagi berkarya.

Sesi pertama workshop ini bertemakan Mempercepat Langkah Karir penulis Produktif dibawakan oleh bapak Aluisius Arisubagijo. Beliau adalah Wakil Manager Exsekutif PT. Elex Media Komputindo. Ada satu kalimat pak Ali yang kugarisbawahi yaitu bahwa ide tak harus ditunggu, tapi ide itu bisa kita jemput. Menarik bukan? karena Menurut beberapa peserta dalam acara ini ide adalah kendala utama dalam menulis.

Pada sesi ini Pak Ali menjelaskan bagaimana menjemput ide, tentang konsep MindMaping, dan seluk beluk dunia penerbitan, kerena memang beliau adalah seorang penulis yang sekaligus orang yang berkecimpung dalam dunia penerbitan. Yaps beberapa konsep yang beliau ajarkan pernah kupelajari tapi beliau mampu melihatnya dari sudut pandang lain. "Oh Iya juga Ya", gumanku tanda persetujuan terhadap apa yang beliau paparkan.Beliaupun mengajarkan tentang bagaimana kita bisa mengasosiasikan dua hal yang sebenarnya tidak berhubungan sama sekali. waw keren ei.....nga kebayang sebelumnya akan hal-hal seperti itu.
Bersama pak Aluisius Arisubagijo

Sesi kedua workshop ini mengajak kami untuk kenal lebih jauh tentang dunia perfilm. Maklum pembicaranya mas herry dari Indosiar yang sehari-hari pekerjaanya tak jauh-jauh dari dunia ini. tepatnya beliau membawakan materi tentang Skenario Film. Beliau menjelaskan bagaimana sebuah skenario bisa diterima oleh sebuah Production House dan stasiun televisi. dan tentu beliau menjelaskan apa dan bagaimana skenario film itu sendiri.
with mas Herry tentang skenario

Sesi terakhir ini dibawakan oleh mbak Sartika. Mba yang saat ini tercatat sebagai seorang dosen pada universitas komputer terkenal di Jakarta ini, baru satu tahun terjun dalam dunia penulisan. Beliau hanya menyampaikan pengalaman beliau tentang bagaimana akhirnya bisa menjadi penulis yang tulisannya bisa mencapai angka penjualan yang spektakuler. Dan yang menarik beliau berbagi pengalaman bagaimana memanfaatakn blog dan facebook untuk mendukung karirnya dalam dunia penulisan. hm..........mantrap deh.Boleh juga tuh diterapin. Dari materi yang disampaikan mba sartika ada satu kalimat yang menarik bagiku, " every author in some way portrays himself in hiswork.even if it be against his will".

with mba Sartika


Acara ini ditutup dengan beberapa pemberitahuan oleh panitia, Mba Ana dan Mas Joe. Pemberitahuannya oke bangat, tentang tantangan dan peluang bagi peserta workshop yang memiliki tulisan untuk segera diterbitkan." boleh juga tuh.......mau..................................".
Dan akhirnya tepat pukul 16.00 WIB acara ini ditutup. see u in the next workshop, write...write and write.


4 komentar:

  1. Hai!
    Boleh nanya? Info soal workshop kaya gini dapetnya dari mana sih? Ada website atau blog yang bisa saya akses? Soalnya saya juga lagi merintis jadi penulis skenario, jadi pengen ikutan juga.
    Makasih buat infonya. Sukses selalu!

    BalasHapus
  2. hai juga mba. Maksh dah mampir di blog ku.
    kebetulan aku tau info pelatihan ini dari milis dan teman-teman yang kebetulan bergabung di beberapa komunitas sastra. biasanya mereka dikomunitas itu selalu memberitahukan berbagai info pelatihan dll.
    kalo masalah website and blog khusus aku nga tau.
    tapi ada satu web yang menurutku sering menginfokan tentantang dunia penulisan. www.penulislepas.com.

    BalasHapus
  3. Halo, mau koreksi sedikit nih.... Saya belum jadi dosen. Btw, lagi nulis mba nih?

    BalasHapus
  4. lho salah ya mba...he..sorry. yah nih mba lagi nulis

    BalasHapus