9.6.09

METODE PERAMALAN OPT DENGAN MENGGUNAKAN UNSUR IKLIM

Kondisi cuaca yang tidak baik akan berpengaruh secara langsung (banjir, kekeringan) dan tidak langsung ( meledaknya populsai hama dan penyakit) akan mempengaruhi hasil tanaman secara tajam. Oleh karena itu menurut Coakelay, 1988 pemahaman terhadap peranan iklim dan cuaca terhadap perkembangan hama dan penyakit sangat penting dalam pengelolaan tanaman sehingga dapat berproduksi secara optimal.

Tersedinya inventarisasi data iklim dan OPT hasil pemgamatan jangka panjang sangat bermanfaat dalam pengembangan model peramalan. Adanya data ini dapat digunakan untuk melihat bagaimana keterkaitan antara cuaca/iklim terhadap perkembangan hama dan penyakit. Salah satu teknik analisis yang digunakan adalah teknik yang dikembangkan Coakley (1990). Tahapan analisis adalah:

  1. Tentukan periode musim tanam
  2. tentukan fase tanaman yang peka terhadap serangan OPT
  3. susun indeks kerusakan tanaman dan indeks iklim selama periode yang dijadikan perhatian menurut segmen waktu yang ditentukan
  4. lakukan analasis korelasi antara indeks kerusakan tanaman akibat serangan organsime pengganggu tanaman tertentu denga indeks ikllim untuk menentukan peubah iklim yang pentimng dlam penentuan perkembangan OPT.

penyusunan indeks kerusakan tanaman dan indeks iklim dilakukan menurut segmen waktu yang telah ditentukan. Penentuna panjang segmen waktu dapat didasarkan kepada perkiraan lamanya fase pertumbuhan yang sensitive terhadap serangan OPT. setelah segmen waktu di buat maka lakukan perhitungan indeks iklim dan indeks OPT pada masing-masing segmen setiap tahun dan lakukan analaisis korelasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar